Senin, 21 Oktober 2024

A. Koswara: Diskar PB Perlu Peningkatan Kualitas Peralatan

Diskar PB Perlu Peningkatan

 

 

BANDUNG , – Diskar PB Perlu Peningkatan Kualitas Peralatan. Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana mengevaluasi dan menginventarisir peralatan yang digunakan saat operasionalnya.

Hal itu berkaitan dengan pelayanan yang diberikan Diskar PB kepada warga Kota Bandung. Bahkan, Koswara menilai, perlu ada upaya peningkatan peralatan yang lebih memadai.

“Kalau fasilitas di sini (Diskar PB) untuk melayani perkembangan kota kelihatannya perlu ditambah peralatannya. Seperti evakuasi, jangkauannya baru 30 meter. Sementara, untuk lebih baik itu belum ada. Walaupun tiap gedung itu sudah ada sistem kebakarannya, namun evaluasi perlu alat yang memadai,” bebernya usai apel pagi, di Kantor Diskar PB, Senin 21 Oktober 2024.

Termasuk kebutuhan air untuk hydrant, Koswara menegaskan, hal tersebut butuh peningkatan yang lebih baik. Pasalnya kebutuhan hydrant merupakan bagian layanan perkotaan.

“Layanan perkotaan itu harus betul disiapkan untuk segala situasi, mulai penyediaan, titik lokasi hingga debit air. Sama halnya seperti PDAM, untuk pelayanan darurat wajib tersedia dan harus tersedia selalu,” tutur Koswara.

 

Diskar PB Perlu Peningkatan Kualitas Peralatan

 

“Nanti kita akan membuat perencanaan dengan mengoptimalkan sumber air yang ada. Misalnya sungai belum dipakai untuk suplai air bersih cukup, maka harus menyiapkan tempat untuk pengolahan air sungai untuk air bersih dipakai pemadam kebakaran,” imbuh Koswara.

Sementara itu, Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun gun Sumaryana mengungkapkan, Pemkot Bandung terus berupaya inventarisasi titik hydrant yang ada.

“Kami terus berupaya inventarisasi titik mana saja yang bisa dimanfaatkan, diutamakan tempat vital seperti rumah sakit, pasar dan lain-lain. Saat ini ada 7 hydrant yang beroperasi,” ungkapnya.

Selain itu, Diskar PB juga memanfaatkan sumur resapan untuk kebutuhan air di saat darurat.

“Kami juga manfaatkan sumur resapan ketika terjadi kebakaran. DPRD Kota Bandung pun menyarankan 50 persen bisa dioptimalkan dari total 200 hydrant yang ada. Karena kebakaran itu insitedentil tapi jangan juga diabaikan. Kami sedang upaya inventarisasi hydrant, khususnya objek vital,” tuturnya.

(red/yan)

Ikuti perkembangan berita terbaru Reportase Jabar Satu di Google News 

Bagikan Berita Ini
Array

Berita Terkait