Sabtu, 21 September 2024

Satgas Citarum Sub Bojongmalaka Sektor 7 Panen Jagung

BOJONGMALAKA , – Sungai Citarum yang berada di wilayah Sektor 7 Satgas Citarum memiliki lahan bantaran dimanfaatkan untuk berkebun atau bercocok tanam sebagai ketahanan pangan di wilayah setempat.

Anggota Sub Bojongmalaka Sektor 7 dengan warga masyarakat setempat terutama Ibu-ibu yang selalu melaksanakan kegiatan penanaman sayur-sayuran, palawija dan apotik hidup. Pemanfaatan lahan di bantaran sungai Citarum ini dilakukan guna meningkatkan ketahanan pangan yang hasilnya dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh warga masyarakat sekitarnya juga.

Satgas Citarum Sub Bojongmalaka Sektor 7 yang dipimpin Serda Bagyo bersama 20 orang lainnya bersama warga masyarakat terutama ibu-ibu RW. 07 dari Kampung Ciodeng Desa Bojongmalaka Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan panen jagung sejumlah 100 Kg di Lahan Bios Sub Bojongmalaka, Jum’at (23/7/2021)

Di lahan bantaran lainnya banyak lagi tanaman jagung masih proses pertumbuhan dalam waktu dan tidak lama lagi akan panen juga. Sub Bojongmalaka ini sudah beberapa kali panen dimana sebelumnya panen kacang tanah, cabe, terong dan masih banyak lagi tanaman sayuran lainnya.

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano hadir pada kegiatan panen bersama dengan ibu-ibu RW. 07 di Kampung Ciodeng tersebut. Dengan memperhatikan protokol kesehatan anggota Sub Bojongmalaka dan ibu-ibu melaksananakan panen dengan memetik jagung kemudian dikumpulkan di satu tempat selanjutnya dibagi-bagi kepada ibu-ibu yang hadir ikut panen.

Dansektor 7 menuturkan rasa bangganya bahwa, kehadiran Sektor 7 Satgas Citarum ini bisa membawa manfaat bagi warga masyarakat yang ada di sekitar bantaran Sungai Citarum. Terutama Sungai Citarum menjadi bersih, lingkungan juga bersih dan lahan bantaran Sungai Citarum dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam atau berkebun yang bisa menghasilkan “.

>> Gubernur Instruksikan Kepala Daerah  Segera Belanjakan Anggaran Bansos

Ia juga menyampaikan, “Dansub Bojongmalaka Serda Subagyo apabila panen di Sub nya selalu mengajak warganya untuk bersama-sama ikut merasakan kegiatan panen. Panen kali ini bersama-sama warga masyarakat setempat terutama ibu-ibu ikut kegiatan panen dengan tujuan agar masyarakat mendapat manfaatnya dan mau terlibat langsung dalam menjaga lingkungan sekitar tempat tinggalnya serta juga aktif dalam hal penanaman, pemeliharaan sampai panen.

“Kegiatan yang dilakukan oleh Sub Bojongmalaka di bantaran Sungai Citarum ini bukan hanya sekedar memanfaatkan lahan bantaran dan menjaga kebersihan aliran Sungai Citarum saja tetapi juga ditanamkan pengetahuan yang merupakan bagian dari program ketahanan pangan.

Adapun proses penanamannya selalu menggunakan pupuk cairan Bios 44 untuk menyuburkan lahan tanaman tersebut,” jelasnya. (Red)

Bagikan Berita Ini
Array

Berita Terkait