Sabtu, 21 September 2024

Satgas Citarum Sub Pasawahan Sektor 7 Berantas Sampah di Anak Sungai Citarum

KABUPATEN BANDUNG , – Sub Pasawahan Sektor 7 Satgas Citarum memiliki tantangan tersendiri dalam memerangi sampah di wilayahnya.

Salah satu tantangannya adalah keberadaan anak Sungai Citarum yang berada di wilayah Sub Pasawahan Sektor 7 seperti Sungai Citepus, merupakan aliran sungai dari arah Kota Bandung yang bermuara di wilayah Sektor 7 tepatnya di perbatasan Kelurahan Pasawahan dan Desa Cangkuang Wetan. Aliran Sungai Citepus ini melalui wilayah padatnya penduduk dan perkampungan wilayah Kecamatan Dayeuhkolot.

Namun demikian, Sub Pasawahan bertanggung jawab terhadap Sungai Citepus hanya sampai dengan batas jembatan Jalan Cisirung. Sungai Citepus ini melintasi perumahan-perumahan, melintasi perkampungan, melintasi toko/warung dan lain sebagainya. Tentunya dengan kondisi seperti inilah masih ada sebagian warga masyarakat yang belum sadar dengan sengaja membuang sampah di Sungai Citepus.

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano meninjau kegiatan bersih-bersih anak sungai dan bantaran Sungai Citepus di Kelurahan Pasawahan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Kamis (14/7/2021).

Kegiatan bersih-bersih ini dipimpin oleh Dansub Pasawahan Serma Aep Saepudin. Adapun kegiatannya Serma Aep Saepudin bersama para anggotanya melakukan pembersihan, pengangkatan sampah dan membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar bantaran Sungai Citepus.

Anak sungai dan bantaran Sungai Citepus harus sering dibersihkan dan jangan sampai aliran air Sungai Citepus ini membawa sampah menuju sungai induk yakni Sungai Citarum. Sungai Citarum harus bebas sampah dan bebas limbah baik limbah industri maupun limbah komunal.

>> Polisi Salurkan Bantuan Sembako kepada Kaum Dhuafa

Dalam kesempatan tersebut, Serma Aep Saepudin menyebutkan bahwa, ” kesadaran masyarakat kurang dan masih kurang peduli terhadap lingkungannya, terlihat masih adanya sampah di sungai tersebut. Oleh karena itu, tidak bosannya Dansub Pasawahan selalu memberikan edukasi kepada warga masyarakat setempat tentang betapa pentingnya menjaga lingkungannya agar selalu bersih, bebas sampah, serta tidak terjadi banjir.

Terlihat para anggota Sub Pasawahan dengan semangat dan tidak mengenal lelah melakukan pembersihan di beberapa titik yang dijadikan sasaran pembersihan. Akhir dari kegiatan pembersihan bantaran Sungai Citepus menjadi bersih kembali.

(Red)

Bagikan Berita Ini
Array

Berita Terkait